Pengikut

Kamis, 17 Januari 2013


Keutamaan Islam                                         Oleh    : Amanah Rahmadani Frestianingrum
 Assalamu’alaikum Wr. Wb.Alhamdulillahirobbil’alamin wassoalatuwassalamu’ala asrofil ambiya iwal mursalin wa’ala aalihi wasohbihi ajm’iin. Amma ba’du.Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang dimuliakan Allah SWT. pada kesempatan pagi hari ini saya akan menjelaskan sedikit tentang keutamaan-keutamaan Islam.Islam adalah sistem kehidupan. Islam adalah agama fitrah. Yaitu sebuah agama yang sangat sesuai dengan kepribadian manusia. Islam bukan hanya untuk satu golongan atau bangsa tertentu, tetapi untuk semua umat manusia. Semua Nabi pada setiap zaman telah mendakwahkan Islam, dan yang terakhir dan yang tersempurna ialah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. Beliau telah memenuhi amanat yang dibebankan diatas pundaknya dengan cara yang sebaik-baiknya, dan beliau telah membina kebudayaan atas dasar ajaran Islam.Di dalam Q.S Ali Imron : 85 disebutkan " Dan barang siapa mencari agama selain Islam, dia tidak akan diterima dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi."Allah Azza Wa Jalla juga berfirman :"Sesungguhnya agama di sisi Allah ialah Islam. Tidaklah berselisih orang yang telah diberi kitab kecuali setelah mereka memperoleh ilmu, karena kedengkian diantara mereka. Barang siapa ingkar terhadap ayat-ayat Allah, maka sungguh, Allah sangat cepat perhitungan-Nya." (Q.S Ali Imron : 19)   Didalam Islam terdapat banyak keutamaan-keutamaan diantaranya adalah:
1)             Di dalam Islam tidak ada yang namanya budak atau kasta.
            Islam tidak membeda-bedakan derajat atau tingkat sosial seseorang. Semua orang derajatnya sama. Asalkan dia bertakwa dia bisa menjadi mulia.
2)             Di dalam Islam juga diajarkan tata cara berpolitik yang benar. Setiap orang berhak             secara pribadi menjadi pemimpin negara. Hal itu bisa terjadi jika dirinya memang sesuai dengan syarat dan kriteria yang ditetapkan.3)             Di dalam Islam juga diajarkan cara berdagang. Cara mendapatkan uang dan kekayaan.      Dalam Islam tidak diajarkan berpangku tangan terus menerus.4)             Di dalam Islam semua orang tidak boleh melakukan teror apalagi membunuh umat             Islam atau yang berbeda dengan Islam sebab hal itu sangatlah menghancurkan nilai martabat manusia.
5)             Di dalam Islam juga sangat dianjurkan untuk berumah tangga atau menikah. Setiap            laki-laki yang ingin menggauli seorang perempuan, wajib membayar mahar dan menikahinya, yang mana acara pernikahan itu dihadiri oleh saksi-saksi.
6)             Di dalam Islam tidak pernah diajarkan mematikan atau menghambat perkembangan           ilmu pengetahuan. Semua orang berhak mendapatkan ilmu pengetahuan.
Itulah beberapa keutamaan Islam. Islam itu indah karena segala sesuatu yang diajarkan didalamnya mengajak bukan hanya kebaikan tetapi kita juga mendapatkan hikmah dan manfaatnya.
   Sekian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf bila banyak kesalahan. Billahitaufik walhidayah.Wasalamu’alaikum Wr. Wb.                         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar