Pengikut

Jumat, 22 Februari 2013

Cegah Stroke, Rajinlah Makan Ikan


Stroke(bahasa Inggris: stroke, cerebrovascular accident, CVA) adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian otak tiba-tiba terganggu. Dalam jaringan otak, kurangnya aliran darah menyebabkan serangkaian reaksi biokimia, yang dapat merusakkan atau mematikan sel-sel saraf di otak. Kematian jaringan otak dapat menyebabkan hilangnya fungsi yang dikendalikan oleh jaringan itu.Stroke adalah penyebab kematian yang ketiga di Amerika Serikat dan banyak negara industri di Eropa (Jauch, 2005). Bila dapat diselamatkan, kadang-kadang penderita mengalami kelumpuhan di anggota badannya, hilangnya sebagian ingatan atau kemampuan bicaranya. Beberapa tahun belakangan ini makin populer istilah serangan otak. Istilah ini berpadanan dengan istilah yang sudah dikenal luas, "serangan jantung". 

Hasil analisa terhadap 38 penelitian menemukan kaitan erat antara konsumsi ikan dengan penurunan risiko stroke atau mini-stroke (transient ischemic attack). Penelitian tersebut melibatkan 800.000 orang di 15 negera.

Mereka yang makan 2-4 sajian ikan per minggu risikonya terkena stroke atau mini-stroke turun sampai 6 persen. Sementara yang makan ikan sampai 5 kali dalam seminggu mendapat manfaat penurunan risiko stroke sampai 12 persen.

Meski begitu, konsumsi suplemen minyak ikan tidak memberikan manfaat yang sama denganmakan ikan langsung malah bikin kecanduan suplemen nantinya.

Penelitian lain juga menunjukkan konsumsi ikan menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Ikan diketahui menyehatkan pembuluh darah karena kandungan nutrisinya yang kaya, yaknivitamin, protein dan asam amino esensial. Selain itu, orang yang sering makan ikan biasanya makan daging merah lebih sedikit.

Terima kasih telah membaca artikel tentang  Cegah Stroke Dengan Makan Ikan semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman agar temannya tidak kena stroke!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar